Bela Negara CPNS PUPR Formasi Tahun 2017 (Batch III)

Apa yang kamu bayangkan ketika melihat foto diatas?

Anggota TNI sedang membentuk formasi? Bukan, itu kami batch iii (kurang lebih 250 orang) CPNS PUPR Formasi tahun 2017 dihari terakhir kami menjalani bela negara di Cibodas, Bogor.

Mungkin ini salah satu alasan mengapa kamu harus berpikir ulang menjadi CPNS kalau tidak mau dikaderisasi dengan cara demikian.

Yap, sejak tahun 2018 pemerintah mengetok palu terkait adanya kegiatan bela negara dilingkup pemerintahan seperti pelatihan untuk cpns atau yang terbaru adalah untuk mahasiswa baru perguruan tinggi negeri.

Kementerian PUPR adalah salah satu kementerian yang unik terkait bela negara karena pak menterinya minta agar CPNS digembleng 1 bulan di asrama kader bela negara :’D padahal yang lain mentok 5 hari atau seminggu. Karena dari pihak kementerian pertahanan kurang bisa menyanggupi durasi segitu (alhamdulillah :’D) maka jatah kami digembleng adalah “2 MINGGU”.

Hal-hal yang perlu dibawa/diperhatikan selama bela negara 2 minggu adalah

  1. JADWAL SHOLAT, di Cibodas ga terdengar adzan gaes 😦 sedih kali jadi perlu sepertinya teman-teman mencatat waktu adzan karena hp disita kaannn..

Keperluan map yang dibawa:

  1. foto berwarna LTB merah 3 lembar
  2. fotocopy KTP 2 lembar
  3. surat tugas (tinggal print aja. FUN FACT nya adalah dokumen ini ga kepake sih waktu itu, hmm.. tapi yaudalah bawa aja. ga ada salahnya bawa).

Baju-baju:

  1. baju putih 1 stel
  2. daleman. Beberapa temen ada yang ngakalin nih beli daleman buat haji yang sekali pakai biar ga perlu cuci-cuci di asrama
  3. Kaos panjang 4
  4. Training 1 stel (karna dikasi..)
  5. legging 1
  6. Celana kecil 1
  7. Krudung item 5
  8. mukenah
  9. sajadah
  10. kaos kaki 3 panjang 2 pendek (tapi pada akhirnya pake kaos kaki tentara yang tebel)
  11. jaket (saran aja sih kalo ga kuat dingin tapi saya ga bawa :’D)

Barang-barang lainnya:

  1. sepatuh olahraga (ini antara perlu ga perlu karena kita dikasi sepatu juga dari tempat pelatihan, hanya sajaaa.. sepatu yang dikasih gampang rusak dan ukuran yang kalian cari terbatas)
  2. sendal (harus bawa buat jalan-jalan sekitar kasur)
  3. pembalut (yang cewe kudu tahu diri lah ya)
  4. kantong plastik (buat bungkus baju kotor atau barang lain)
  5. tisu kering/basah (ini perlu banget deh karena disana ga disediain)
  6. gantungan baju/penjepit (keperluan buat jemur baju abis dicuci)
  7. gunting/peniti

Keperluan mandi/cuci:

  1. sabun
  2. odol ama sikat gigi
  3. sampho
  4. sabun muka
  5. deterjen/pewangi (di barak ada yang jual juga sih)
  6. handuk
  7. sikat cuci
  8. sejenis rapika (ini berguna sekali ketika pake baju yang samaan berhari-hari)

keperluan wanita :’D

  1. sunblock, wajib a’in 😦
  2. bedak
  3. lipbalm
  4. handbody
  5. parfum
  6. hairdryer (aku bawa gaes karna ini cepat membantu rambut kering ketika kamu segera ingin tidur atau beraktivitas lagi)
  7. kotak obat
  8. masker wajah/gel macam aloe vera (biar ga gosong kebangetan, tiap ada kesempatan istirahat dipake. jangan malas!)
  9. masker debu
  10. handsany (harus dibawa kemanapun apalagi kalian yang alergi kotor)

Barang penting lainnya:

  1. dompet
  2. hp (dompet dan hp, atau barang-barang penting lainnya akan ditaruh di box besar sesuai pembagian pleton masing. diberi kesempatan digunakan selama 24 jam hari sabtu-minggu tergantung kebijakan masing-masing batch)
  3. charger
  4. hp
  5. headset (buat telponan ama keluarga waktu weekend)
  6. buku kecil
  7. bolpen

 

intinya adalah jangan bawa barang banyak-banyak atau terlalu penuh, karenaaa..

ada banyak barang yang nanti dikasih macam tas ransel, sepatu belneg sama olahraganya, baju belneg itu sendiri dan buku materi ukuran a4 setebal 7 cm mungkin 😦

jadwal selama bela negara ini seminggu awal pagi ampe sore materi, setelah ashar latihan di lapangan ampe malam bahkan. disini kehidupan kita teratur mulai bangun jam 4, sholat shubuh bareng, terus senam sampe jam 6 beserta beberes macam mandi, balik lagi buat sarapan, dapet materi ampe siang, sholat dhuhur dan makan bareng lagi. apapun yang kita lakukan harus teratur dari jalan keluar sampai balik lagi ke barak.

momen ga terlupakan adalah, saya sendiri sudah K.O dihari pertama jadi ga fit banget karena batuk pilek. bahkan selesai belneg masih batuk sampai 2 minggu depannya lagi. baru ini dapet sakit ampe sebulan gitu, terus kata pelatihnya kalau mau sembuh gampang. tinggal segera keluar dari tempat pelatihan ini soalnya beliau dulu juga gitu :’D

bawa perlengkapan obat dan vitamin selengkap-lengkapnya apalagi kalau punya penyakit-penyakit khusus. memang sih sebelum berangkat kita akan ada pemeriksaan sederhana tapi apalah arti pemeriksaan itu intinya disuruh sedia obat sendiri -_-

disana ga ada apotek 😦 mau batuk berdahak ga berdahak obat kalian sama semua dan ga mempan, jaga kesehatan lah. jangan paksain diri juga kalo ga kuat karena kadang kita latihan dari jam 8 pun mentari uda ga bersahabat apalagi berdirinya sampe deket-deket jam 12 πŸ™‚

bela negara itu seru! ambil aja manfaatnya karena kita lebih kenal dan dekat sama teman-teman cpns lainnya. waktu ada kesempatan pake hp, terlihat banget betapa idiotnya kita sebagai manusia benar-benar kedistract ama keberadaan teknologi :’D

sinyal paling bagus selama digunakan disana itu simpati, yang lain bablas :’D

hidup kita ga cuma pelatihan aja tapi ada games dan pembekalan lain, selama dompet disita jangan lupa ambil uang secukupnya kalau butuh beli-beli macam mie goreng, sedekah ke warga sekitar, bayar laundry dll. sekian itu catatan-catatan kecil dari saya. blog ini harusnya sudah terbit desember 2018, apa daya lebih suka buka web absensi daripada blog sendiri πŸ˜€

selamat membela negara ini ! πŸ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s