SKB Tata Bangunan dan Perumahan, Belajar Apa?

Akhir-akhir ini saya mendapat banyak pertanyaan mengenai kisi-kisi soal materi SKB di KemenPUPR melalui komentar laman maupun medsos-medsos saya :’D tidak sedikit yang saya balas dengan jawaban yang sama, saya kira blog saya yang ini telah menjelaskan semua pengalaman saya mengenai soal-soal SKB khususnya paragraf kelima dan keenam. Sebenarnya yang saya tahu juga adalah BKN telah memberi kisi-kisi soal SKB yang saya baca melalui beberapa situs online seperti berita ini.  Tentunya hal ini seharusnya sudah bisa membantu teman-teman dalam menentukan hal apa saja yang perlu dipelajari.

Terkait dengan Jabatan Fungsional, saya harap melalui blog ini teman-teman mulai paham sebenarnya jabatan yang teman-teman lamar tidak hanya sebagai calon pegawai, tapi memiliki fungsi/tugas tertentu yang sudah spesifik. Khusus jafung Tata Bangunan dan Perumahan (TBP) mengacu ke

  1. KEPUTUSAN MENTERI NEGARA KOORDINATOR BIDANG PENGAWASAN PEMBANGUNAN DAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA NO. : 65/KEP/MK.WASPAN/10/1999 TENTANG JABATAN FUNGSIONAL TATA BANGUNAN DAN PERUMAHAN DAN ANGKA KREDITNYA
  2. KEPUTUSAN BERSAMA MENTERI PEMUKIMAN DAN PRASARANA WILAYAH DAN KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA NO.:  / SKB / M /2000 NOMOR : 157.C TAHUN 2000 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN JABATAN FUNGSIONAL TEKNIK TATA BANGUNAN DAN PERUMAHAN DAN ANGKA  KREDITNYA

Salah satu keuntungan jafung ini adalah bisa naik pangkat setiap 2 tahun sekali dengan mengajukan dupak angka kredit. Angka ini adalah semacam skor pada setiap pekerjaan kita sebagai jafung. Pekerjaan-pekerjaan ini sendiri sudah diklasifikasikan dengan skor yang bermacam-macam. Baca unsur penunjang angka kredit TBP disini dan disini .

Seleksi kompetensi bidang nantinya akan mengacu standar sesuai pekerjaan jabatan fungsional itu masing-masing jadi kemungkinan soal yang keluar bukan isi peraturan/keputusan berupa materi pasal :’D tidak demikian tapi lebih ke pekerjaan teknis yang teman-teman lamar.

Jadi tata bangunan dan perumahan harus belajar apa? mohon teman-teman mencari tahu dulu terkait acuan diatas sehingga ketika saya jelaskan mendetail dibawah tidak terlalu banyak pertanyaan :’D

Contoh terkait pekerjaan jafung TBP.

Misal pada bab II poin A Penyelenggaraan Bangunan Gedung, ada salah satu pekerjaan yang bisa mendapatkan nilai kredit tentang melakukan soil test lengkap (poin F subpoin 2).

Berarti bisa terbayang dong soal-soal yang kira-kira terkait soil test apa? sondir? bor log? berhubungan dengan pondasi terutama untuk penyelenggaraan gedung. Tidak menutup kemungkinan ada perhitungan turap. Jadi kisi-kisi soal teknis seperti ini yang dimaksud teman-teman.

Lanjut ke contoh selanjutnya adalah poin A Penyelenggaraan Pembangunan Baru Perumahan dan Permukiman, misal terkait pengadaan tanah/lahan (poin 3 sub poin a dan b). Tentu dong teman-teman harus tau mekanisme pengadaan lahan seperti apa, maksimal ganti rugi dari negara berapa, berapa lama pengadaan lahan dilakukan dan lain sebagainya.

Sipil banget?

Ya saya bisa bilang demikian karena dalam proyek manajemen itu unsur utama selain struktur dan biasanya orang-orang sipil yang lebih memahami manajemen konstruksi. Saya harap postingan ini membuka wawasan teman-teman mengenai “SOAL TEKNIS”.

Bahannya banyak? banget?

Ya itu sebabnya teman-teman harus belajar tidak bisa mengandalkan keberuntungan karena dalam SKB tidak ada ambang batas, yang ada adalah tinggi-tinggian nilai dengan pesaing teman masing-masing. Tidak ada salahnya kalau teman-teman orang sipil, belajar hal-hal tentang arsitektural begitupun sebaliknya karena permukiman apalagi jafung TBP amatlah kompleks. Ada 7+1 indikator sarana prasarana dasar permukiman,

  1. gedung (mayoritas rumah)
  2. jalan
  3. drainase
  4. penanganan sampah
  5. penanganan air limbah
  6. penyediaan air minum
  7. proteksi kebakaran
  8. RTH

Ada lagi ga yang harus dipelajari? Untuk TBP saya sarankan baca UU No.1 tahun 2011, klik disini

Dalam permukiman peraturan tersebut merupakan peraturan basic. Serta lingkup peraturan tersaji dalam gambar ini.

Bagaimana dengan jafung lain seperti Teknik Perairan atau Teknik Jalan Jembatan? sama saja teman-teman hanya saja lingkup teknis nya berbeda dengan TBP. Jadi harusnya bisa dibayangkan dongs akan dapat soal seperti apa.

Alhamdulillah sekali melalui blog ini banyak teman saya yang lulus SKD, saya amat senang dengan kabar itu, semoga keinginan teman-teman sekalian yang juga berjuang menjadi CPNS dimudahkan Allah SWT.

Demikian info strategis dari saya. Sepertinya postingan ini akan menambah tingkat persaingan teman-teman sekalian :’D

Semoga membantu dan sukses selalu..

8 Comments Add yours

  1. kalo TPL lalu keluar permen2, uu, pp, dkk… oiya, soal K3 juga keluar

    Like

    1. Indra Seiaji says:

      Kak boleh minta no WA / email-nya nggak? Saya ingin tanya-tanya tentang materi ini. Terimakasih 🙏

      Like

  2. ninin says:

    terima kasih kisi-kisinya mb.. alhamdulillah saya lulus cpns 2018 di dirjen penyediaan perumahan kemenpupera.. disini sy share pengalaman saya mb

    https://permukimanperkotaan.blogspot.com/2019/01/perjuangan-cpns-kemenpupera-2018-part-1.html

    Like

    1. pay says:

      bagi pengalamannya dong kk,sy jg mau tes SKB bagian perumahan nih,blognya sy buka udah ga ad,mkasih..

      Like

    2. Indra Setiaji says:

      Kak boleh minta alamat email / No WA nya gak? Saya ingin tanya-tanya materi ini. Terimakasih 🙏

      Like

  3. Mezifiy says:

    Tetimakasih banyak, artikel nya sangat membantu. Doakan saya bisa memperoleh nilai tinggi pada ujian skb nanti😊

    Like

  4. pay says:

    mksih kk,sangat membantu..

    Like

Leave a Reply to Indra Setiaji Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s