Setelah Pemberkasan CPNS PUPR Formasi Tahun 2017, Ngapain?

Ini pertanyaan yang menjadi pertanyaan semua orang. Setelah pemberkasan pada bulan Januari, pada bulan Febuari awal kami diwajibkan hadir menggunakan baju hitam putih pada tanggal 05 Februari 2018 di auditorium PUPR. Lokasi auditorium ini dekat dengan jl.raden patah bukan pattimura (ya walau bisa masuk juga sih). Begitu masuk kita akan duduk dikursi yang disediakan. Kebetulan angkatanku dibagi menjadi 10 gugus sesuai tempat duduk masing-masing dan membuat yeyel untuk disimulasikan tiap paginya. Betewe, sebelum memulai kegiatan kita dibagikan tas ransel, flashdisk, note, bolpen, tumblr dan apa lagi yaa.. lupa. 😦 . intinya disediain hal-hal begitu.

Balik ke kegiatan diauditorium, selama 2 minggu awal kita akan duduk manis mendengarkan materi-materi terkait kegiatan, tugas dan fungsi masing-masing direktorat/lembaga di PUPR juga khususnya manajemen PNS/ASN yang disampaikan KemenPARB juga perilaku anti koruptif dari KPK/Kepolisian juga nilai wawasan kebangsaan. Maklum CPNS harus ditanami nilai-nilai dasar ini apalagi PUPR banyak proyek jadi harus menekankan hal ini. Jangan diam banget karna tiap acara ginian PUPR selalu bagi-bagi hadiah baik nanya, maju ke depan atau jawab pertanyaan. Manfaatkan hal-hal ini buat menimbun barang-barang menarik seperti powerbank, kartu flash, payung, kaos dll, kebetulan saya ga beruntung dalam 2 minggu awal ini. Hal lain yang bisa dimanfaatkan adalah cari kenalan sebanyak-banyaknya. Karena hanya itu momen dimana kamu bisa berkumpul dan bekerja sama dengan teman-teman beda jafung atau direktorat. Jadi kalau butuh bantuan atau info apa-apa bisa ke kenalan baru ini.

(Foto Kelompok 10 – Setia bersama pejabat PUPR)

Selama 2 minggu itu juga kita dapat penugas menulis rangkuman materi apa saja yang didapatkan pada hari itu dan dikumpulkan pada ketua gugus. Untuk penugasan CPNS PUPR ada apa aja bisa dilihat di file ini ya..

Banyak? Iya begitu liat pusing.. karena ga nyangka kita dapat tugas sebanyak itu. Tapi fokus aja sama tugas yang lebih dekat deadlinenya. Jalani saja apa yang ada sembari melatih diri sebagai Insan PUPR berlandaskan nilai i-ProVe. Nilai ini yang benar-benar akan ditanamkan kepada CPNS selama 2 minggu awal. Oh ya, jangan lupa mulai belajar lagu mars PU dan mars korpri. Setiap hari bahkan ketika sudah training/diklat/rapat dan segala macam acara itu akan menyanyikan lagu mars PU khususnya, jadi ga ada salahnya mulai belajar diawal-awal.

Jangan khawatir makanan, karna selama 2 minggu awal itu kita disediain snack dan makan siang. Kalau bosen diauditorium jalan-jalan aja keliling PU, lumayan bikin kringet sekalian kenalan ama medan ojt setelah pengenalan-pengenalan ini. Atau kalau ga cocok sama menu nasi kotak, beli aja diwarung-warung disekitar jl.raden patah. Menunya variatif dan yaaa standar Jakarta lah yaa.. Cuma sering penuh karena dekat sekali dengan kampus Al-Azhar.

Apalagi yang harus saya ceritakan? Hahahaha gaji? Eh jangan ngarep masalah duit dulu kalau baru masuk karena pasti bakal dirapel sementara. Gaji CPNS awal masuk 80% tapi alhamdulillah kita sudah dapat tukin (tunjangan kinerja). Untuk info gaji bisa dilihat disini  sementara sementara tukin di file ini . Kabarnya tahun 2018 ini ada kenaikan tunjangan tapi saya kurang tahu jadi ga akan saya share. Hal-hal yang perlu kalian tahu adalah selama CPNS, kita berada dibawah sekretariat jenderal, alias sekretaris menteri jadi gaji masuk lewat akun bank mandiri sedangkan tukin tergantung direktorat masing-masing. Misal Cipta Karya pakai BRI, ada yang tetap pakai mandiri. Dan jika kalian sudah punya akun mandiri/BRI/BNI dan mau didaftarkan untuk masalah gaji/tukin pastikan akun-akun tersebut tidak pernah dimasuki/transfer uang negara misal beasiswa atau gaji dari perusahaan negara lainnya. Kalau pernah maka harus buat baru teman-teman jika tidak maka ada keterlambatan tukin/gaji wkwkwk

Intinya adalah, karena saya masuk golongan D4/S1 masa kerja 0 tahun, gaji 80% yang saya dapatkan berkisar 2 juta dengan tunjangan 2,9xxx (lihat sendiri ditabel) dengan total kurang dari 5 juta rupiah (tapi belom sama uang makan sebesar 20 ribu/hari). Sekian post dari saya! Bersiaplah menjadi MBR ibukota (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) 😀

4 Comments Add yours

  1. Vamprose says:

    Halo Mba, mau tanya untuk Cipta Karya lokasi penempatannya di mana ya..? Mba sendiri ditempatkan di mana, apa masih di Jakarta..?
    Terima kasih.

    Like

    1. Sinta Ria says:

      semua CPNS formasi tahun 2017 hingga oktober 2018 belum tahu lokasi penempatan. kami masih OJT dipusat (jakarta). terimakasih kembali

      Like

      1. VAMPROSE says:

        Terima kasih infonya Mba, tapi apa sudah ada petunjuk mengenai lokasi penempatan..?
        Sebenarnya untuk Ditjen Cipta Karya sendiri apa memungkinkan untuk ditempatkan di luar Jakarta, khususnya untuk jabatan Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Pertama..?

        Karena Saya sendiri masih ragu mengenai lokasi penempatan nantinya untuk daftar di PU atau Dinas PU DKI..

        Like

      2. Sinta Ria says:

        petunjuk belum tau ya, karna kami ada assesment semacam studi psikolog buat menentukan penempatan. kalau daftar kementerian pasti ditempatin pusat, kalo daerah kita disatkernya mas, kalau dinas itu wilayah kabupaten/kota

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s