Kesan Sony A5000 Kit

saya bukan pecinta mirrorless, tapi sebab dan suatu hal, saya butuh kamera tambahan karena DSLR sering dipake si bungsu juga. Hmm.. budget saya terbatas. Cuma 3 juta dari kantong pribadi dan 2 juta dari si bungsu. Kalau mau cari info kamera saya biasa klik web infofotografi.com

isi blog disana keren-keren karna dibuat oleh para ahli yang berbaik hati share ilmu fotografi dan kadang sempat reply comment readersnya. Kebetulan budget saya segitu maka (akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017) pilihan saya hanya jatuh pada didua merk yang lagi booming, Sony a5000 dan Nikon1 J5. Awalnya saya sempat mau beli nikon sih karna dari segala spek dan harga nikon tipe baru ini menang disegala hal. Tapi akhirnya saya goyah dan finally beli sony dengan alasan bahwa lensa mirrorles nikon masih sedikit dan langka bahkan waktu itu belum ada yang jual converter lensa canon dslr ke body mirrorless nikon (maklum, saya canonian). Alasan lainnya adalah ketika saya mau beli baik ke toko kamera didaerah Kramat Gantung atau toko online Surabaya, ternyata stoknya habis dan kalau adapun harganya tidak semurah awal saya browsing. Beda sekitar 500 ribu dari harga sony a5000 saat itu.

Kebutuhan mendesak dan faktor kepo akhirnya saya beli sony a5000. Sebenernya saya cuma mau testing karna kemudian ingin saya jual. Saya begitu kecewa dengan hasil mirrorless ini karena menurut saya hasilnya sama aja kaya kamera digital biasa dengan harga 1 jutaan. Bedanya cuma lensanya doang yang bisa dicopot. Bahkan sampai saat ini pun saya belum beli converter lensa canon ke body sony alpha karna jarang make.

Yap itu beberapa hasil dari jepretan kamera ini. Resolusi dan ISOnya lebih tinggi dari dslr canon 600d sih. Cuma ketika saya set ke aperture paling rendah pun biar tau hasil bokehnya ternyata hasilnya ga bagus-bagus amat. Saya terlalu mengharap lebih ternyata.. hahaha.. saya juga bahkan ga terlalu paham apakah lensa standar sony ini bisa manual fokus saja karena dilensanya tidak ada aturan MF/AF seperti lensa standar canon, settingnya langsung ke body sony itu sendiri. Saya bukan bermaksud menjelekan produk sony karna saya tau produk sony itu bagus-bagus apalagi lensa fix nya.

Beberapa foto berikut hasil asli dari sony a5000 kit. Lumayan lah..

Sekian review saya mengenai sony a5000. Saya tidak berniat menjelekkan salah satu kamera saya ini, namun bagi canonian dan iseng-iseng bermain sony tentu merasakan perbedaan besar diantara keduanya. Saran saya bagi yang terlanjur membeli kamera ini dan malas beli lagi maka upgrade lensa-lensa asik yang cocok dengan kebutuhan.

Next review tentang samyang 8 mm for canon. Klik disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s