Pengumuman Akhir CPNS KemenPUPR dan Pemberkasan

Akhirnya pengumuman itupun tiba!!!

Sudah tahukan bahwa 2017 lalu sebanyak 60 kementerian/lembaga dan 1 pemerintah provinsi membuka lowongan CPNS dimana akhir november merupakan waktu-waktu dimana semua tes telah usai dilaksanakan. Satu persatu kementerian mengumumkan cpns siapa saja yang diterima menjadi pns lengkap dengan pengumuman pemberkasan. Namun khusus kementerian PUPR, merupakan kementerian 2 besar yang belum mengumumkan kelulusan akhir bebarengan dengan Kemenhan. Iya 59/61 k/l  dan pemprov sudah mengumumkan kelulusan akhir. Campur aduk, sedih marah iya karena hingga awal tahun 2018 pun tidak ada tanda-tanda pengumuman dari admin seleksi cpns yang bersangkutan. Namanya manusia biasa, luput dari salah dan khilaf tentunya berharap mereka menyodorkan tweet/status permohonan kepada kami, ribuan cpns yang menunggu pengumuman akhir, tapi ternyata tidak ada. Saya terlalu mengharap berlebihan :’D

Saya termasuk orang dari ribuan yang mengharap diterima dikementerian ini. Apapun hasilnya bahkan tidak lulus pun saya terima. Mengapa? Saya sudah menolak lebih dari 1 perusahaan swasta untuk mengutamakan menjadi salah satu pengabdi negara. Mulai dari proyek Meikarta dan proyek baja di Surabaya tidak saya berikan jawaban pasti dan meminta kesempatan kedua jika memang saya gagal dites CPNS tahun 2017. Namun Allah berkehendak lain, dari sekian perusahaan yang saya daftar (MT Adhimix & MT Hakaston) hingga proses akhir akhirnya Allah mengijinkan saya lolos cpns hingga prosesnya berakhir. Saran untuk kalian sebagai fresh graduate yang di php pemerintah, lebih baik mencari pekerjaan sementara yang tidak tetap agar tidak terlalu menganggur seperti saya. :’D

Berikut saya share sedikit hasil akhir yang lolos pada masing-masing formasi jabatan. Mohon maaf, hasil nilai saya bersifat rahasia, yang jelas skor saya sudah bisa lolos ke bina marga sebenernya. :’D

Pengumuman PUPR ini bisa terbilang tidak terlalu transparan. Mengapa? Karena dibandingkan 60 k/l lainnya, untuk mengetahui lolos tidaknya kita sebagai peserta tes diharuskan login diakun cpns pupr dulu. Lalu ada nilai total keseluruhan dan formasi apa kita bakal lulus. Selain itu, dibawah webnya ada pdf daftar nama yang lolos menjadi cpns pupr.

Jangan terjebak pada euforia lolosnya kita sebagai cpns! karena sesaat setelah pengumuman sebenarnya saya ijin ke orang tua untuk tetap mendaftar ke BUMN namun karena banyak pertimbangan akhirnya orang tua saya meminta saya untuk tetap menjalani masa-masa sebagai CPNS. Setelah pengumuman tersebut, kita juga akan mendapat pengumuman mengenai pemberkasan. Kebetulan pemberkasan formasi 2017 hanya terjadwal beberapa hari dan persiapan melengkapi pemberkasan tidak sampai 2 minggu dari jadwal pengumuman 5 januari.

 

Saya dan teman-teman merupakan formasi SKD asal Surabaya jadi harus tiba di Jakarta tanggal 15 Januari. Kami sudah sedia tiket pesawat. kalau mau murah pesan di aplikasi Airy saja. biasanya jika pembelian min 1 juta ada potongan 100-150 ribu. jadi lumayan banget hehehe. untuk harga tiket bervariasi ya kebetulan pulang pergi kami memesan citilink. semakin cepat pesan semakin murah dan ga kehabisan. hotel yang kami pesan ada didekat blok m, hotel Whiz Hotel Falatehan Jakarta standard twin 1 malam with breakfast. kami pesan melalui aplikasi pegipegi karena disitu ada potongan hotel yang lebih murah daripada airy. perantau itu harus bondo kuota internet buat install aplikasi travel biar dapet kupon/diskonan tergede diantara aplikasi lainnya. hahaha..

Room rates detail

Malam 1
Kamar 1 : Rp 433,884
Kamar 2 : Rp 433,884

Pajak dan Biaya Pelayanan : Rp 182,232
Potongan : -Rp 100,000
Total Biaya : Rp 949,691 *Harga sudah termasuk pajak dan biaya pelayanan

begitu masuk kehotel, bakal diminta 1 ktp perwakilan per kamar dan deposit 100ribu. deposit ini bakal dikembalikan kok begitu kita check out. saran juga sih kalau pesan hotel dideket kantor PU atau daerah blok m tanya-tanya teman/keluarga dekat dulu takutnya itu kawasan yang banyak “kupu-kupunya”. tapi kalau kamu ga mempermasalahkan hal ini ya cuek saja, yang penting jangan sendirian ya.

setibanya di Jakarta wassalam..

kami tiba sesetelah ashar jam Surabaya dan memesan grab. taksi online di Jakarta sudah boleh beroperasi di bandara namun beberapa masih kucing-kucingan. begitu keluar dari bandara halim, macetnya luar biasa. dipeta kami diprediksikan menempuh perjalanan 40 menit sampai ke hotel ternyata lebih dari itu. mungkin ada 1,5 jam karena arus pulang jam kerja. sebagai sopir pribadi dirumah saya hanya bisa menghela nafas, sesabar ini sopir yang kami dapat menempuh perjalanan padat ini.

berikutnya saya akan bercerita mengenai kelengkapan berkas. saya loncat dari pengalaman pertama berada di Jakarta karena masalah pemberkasan ini begitu pokok dan tidak boleh diremehkan. perjalanan kamu bakal sia-sia jika kena masalah pemberkasan, resiko beratnya pulang dan balik lagi ke pupr!!! buat yang tinggal dijabodetabek mungkin masih mendingan tapi yang sudah diluar provinsi apalagi luar pulau ini masalah akut. oke mulai saja dibahas.

  1. surat lamaran. ditulis tangan 2x, pake materai. boleh di a4 kosong atau polio bergaris. saya saranin sih polio karena ini lebih rapi dan formal. tips nulisnya sabar hahaha karena tidak boleh ada yang salah dan tidak boleh distipo. namun beberapa teman saya ada yang cuek typo dan dibiarkan saja asal tidak terlalu terlihat kesalahannya. kalau saya sendiri untuk mencapai sempurna 2 lembar, ada 3 lembar sia-sia karena gupuh. hmm..
  2. pas foto ini formal. saya saranin pakai foto ijazah dan dicetak dikertas doff. kenapa doff? bukan glossy saja yang murah karena ternyata bahan dan keistimewaannya pun berbeda. doff memang lebih mahal namun lebih tahan lama juga. kertas doff ga mudah tergores kuku kita sedangkan glossy amat rawan. bahkan 10 tahun kedepan hasil foto kertas glossy sudah memudar sedangkan doff masih istimewa. ya ini saran saja sih karena dari panitia tidak menentukan kertas foto.
  3. khusus pupr hanya meminta ijazah dan transkip terakhir (antara d3/d4/s1/s2) sedangkan beberapa K/L lain meminta dari jaman SD. sebagai jaga-jaga sih, sesetelah tes SKB kelar buruan legalisir dari SD. ga ada salahnya kok walau ga kepake karena bisa jadi peraturan kedepan bakal berbeda kan kita ga tau. beberapa peserta lolos CPNS juga bermasalah diberkas ini karena TTD legalisir mereka tidak di TTD oleh orang yang berwenang. hal ini sudah dijelaskan dalam pengumuman. sebagai jaga-jaga yang penting dapat TTD dari ketua dekan dan TTD nya cap basah ya bukan cap stempel. cap stempel itu yang ga perlu TTD langsung dari yang bersangkutan. kalau panitianya jeli bisa modyar kita disuruh balik kekampus ngurus TTD untuk 2 kertas doang. ijazah & transkip asli juga harus dibawa ya sebagai berkas yang perlu ditunjukan saja.
  4. SK penyetaraan dikti bagi yang kuliah diluar negeri ini kalau bisa malah memang mau mendaftar cpns sudah diurus daripada susah dibelakang.
  5. DRH ini sudah ada format word nya tinggal diprint namun diisinya menggunakan tulis tangan. kalau tidak salah ada K/L yang meminta ditulis tangan juga ini DRH.
  6. surat pernyataan  5 poin ini memuat mengenai tidak dipidana, tidak pernah diberhentikan tidak hormat, tidak berkedudukan sebagai pns instansi lain, tidak ikut politik dan terakhir adalah MAU DITEMPATKAN DISELURUH WILAYAH NKRI. beberapa K/L meminta surat ini ditulis tangan namun pupr membebaskan jadi saya print saja, yang penting ada materainya.
  7. bukti pengalaman bekerja ini khusus yang pernah jadi honorer pns atau bumn/bumd. usahakan juga diurus sebelum pengumuman sih karena waktunya terbatas. saya sendiri fresh graduate jadi kurang tau info berkas ini
  8. SKCK. wah kalau ini termasuk mudah diurus yang penting ada waktu. masa berlaku SKCK 6 bulan sedangkan PUPR menggaris bawahi setidaknya SKCK yang dijadikan pemberkasan masih memiliki 3 bulan lagi masa berlakunya (terakhir dibuat nopember kalau tidak salah). berkas ini juga bisa diurus sebelum pengumuman atau setelah tes SKB. beberapa K/L lain menentukan keperluan SKCK untuk pemberkasan CPNS sedangkan PUPR bebas bisa dengan isian melamar pekerjaan masih diterima. kebetulan KTP saya Sidoarjo dan saya urus ulang karena prosedurnya cepat, klik disini buat urus SKCK Sidoarjo.
  9. surat keterangan sehat jasmani rohani. berkas ini harus dilakukan dirumah sakit pemerintah. kebetulan saya dan teman-teman mengurusnya di RS. Haji. awalnya kami harus mendaftarkan diri dulu dibagian administrasi dan mendapatkan kartu RS Haji. setelah itu diminta ke lt.3 mendaftar lagi bagian kesehatan. eh ya berkas ini tidak biasa diurus sehari ya karena jam aktifnya 08-00-14.00 sesetelah itu dokternya bisa jadi hilang dan berkasnya jadi besoknya tidak hari itu juga. hari itu juga kami mengurus surat bebas narkotika. biaya itu terdiri dari (kalau tidak salah) 225k narkoba 100k kesehatan 50k rohani dan sisanya administrasi.
  10. surat bebas narkotika. hari itu juga kami menyerahkan urin untuk dites. bagi yang cewek, di rs haji cewek yang lagi berhalangan tidak bisa ikut tes urin jadi nunggu kelar dulu. hasilnya pun juga keluar besoknya. jadi berkas no 9 dan 10 kelar selama 2 hari.

sekian cerita saya, semoga bermanfaat, kabarnya maret ini ada pendaftaran CPNS daerah dan KemenPUPR buka lagi Oktober 2018. sukses slalu teman-teman.

Advertisements

41 Comments Add yours

  1. Hirzto Kamma’ says:

    Terimakasih, sangat membantu! 🙏🏾

    Liked by 1 person

  2. boy says:

    terima kasih atas postingannya mbak, cuma saya mau nanya untuk kisi-kisi SKB di berikan PUnya lewat apa ya mbak ?
    terima kasih

    Like

    1. Sinta Ria says:

      seingat saya lewat web nya. kisi2 berupa 1-2 kalimat kalo materinya lebih ke arah teknis

      Liked by 1 person

      1. Vion says:

        Webnya itu web pu ya kak? Atau bkn?

        Like

      2. Sinta Ria says:

        web pu. cpns.pu.go.id/2017 waktu jaman saya, yg skrg ga tau apa dipusatkan ke web bkn atau engga

        Like

  3. Siantar Pot says:

    Hallo kak,artikelnya mmbntu skli. tp kak aku pensaran mau tanya, buat tes kesehatan itu seperti apa rincian tesnya, soalnya aku dpet info2 ada yg sampe disuruh b*g*l atau semi b*g*l gitu ? Apa di PUPR mengharuskan untuk tes yg ke arah tersebut ? Thanks,

    Like

    1. Sinta Ria says:

      tes kesehatan kementerian di rs pemerintah standar. berat+tinggi+tekanan darah+tes urin bebas narkoba seingat saya. yg b*g*l sepertny mungkin yg instansi dgn asrama misal p*lisi mungkin..

      Like

  4. utiktumorang says:

    Terima kasih banyak mbak, sudah sharing pengalamannya. Sukses selalu ❤🙏

    Like

  5. Anndta says:

    Hai mb thn lalu skor sy sama kyk mbakny. Nglamar d jabatan yg sama,tp sy dari arsitektur.

    thn lalu,Sy ndak bs ngakses skor psikotestny? boleh share nilai psikotestny mbakny nda.. Biar thn ini kalao lolos sampe skb bs sy evaluasi..

    Bs via email mb jika berkenan, tks sebelumnya y

    Like

  6. Thx bgt ya kak sharingnya, Sangat membantu :))

    Like

  7. Rulio says:

    Terimakasih atas postingannya , mba sy rulio, sy akan test skb2018, tapi di dinas perumahan rakyat dan kawasan pemukiman sebagai analis bangunan dan perumahan, sy ga tau harus belajar apa .. tapi kayanya masih 1 aliran sama kemenpupr.. mohon share nya ya mba .. trims

    Like

  8. Rulio says:

    Terimakasih atas postingannya , mba sy rulio, sy akan test skb2018, tapi di dinas perumahan rakyat dan kawasan pemukiman sebagai analis bangunan dan perumahan, sy ga tau harus belajar apa .. tapi kayanya masih 1 aliran sama kemenpupr.. mohon share nya ya mba .. trims

    Like

    1. Sinta Ria says:

      saya jg gatau harus belajar apa waktu itu, cuma belajar kesipilan, coba aja belajar kisi2 soal yg saya jelaskan diatas sama baca uu 1 tahun 2011

      Like

    2. Galih Bonar says:

      halo mas/mba rulio. sy galih. kebetulan sy juga ambil formasi yang sama dengan mas/mbak di dinas perumahan rakyat dan kawasan pemukiman sebagai analis bangunan dan perumahan. bolehkah sy minta nomor hp agar bisa sharing terkait formasi tersebut. bisa dm ke email sy di Galih.Bonar@gmail.com

      Like

    3. Galih says:

      Hali mas/mba rulio, sy galih. Kebetulan sy juga ambil formasi yg sama. Sebagai analis bangunan dan perumahan di dinas prkp pemprov. Apakah mas/mbaknya sudah skb?
      Jika berkenan boleh sharing terkait ini. minta CP boleh di dm ke galih.bonar@gmail.com
      Terima kasih sebelumnya

      Like

  9. Rizka says:

    Kak ga ada tes wawancara ya kak

    Like

    1. Sinta Ria says:

      iya beberapa kementerian ga ada wawancara cuma skb+psikotes

      Like

  10. Sriayu says:

    Mba mau tanya soalnya banyak materi basic atau peraturan di permenpan makasih

    Like

  11. uchek says:

    sangat membantu, semoga kebaikan mba di balas yang di atas.makasi

    Like

    1. Sinta Ria says:

      aamiinn. sukses slalu

      Like

  12. bagusridhani says:

    Semoga tahun ini saya bisa nyusul juga di pupr dehh :”

    Like

  13. cheersa says:

    Kak mau tanya, di SKB pupr tidak ada test wawancara ya?

    Like

    1. Sinta Ria says:

      kementerian tidak ada

      Like

  14. Y wandi says:

    Pagi mbak,saya wandi mbak,mw tnya nih mbak,berrti dalam soal tkb lebih dominan ttg sipil basic dr pada pertran mentri mba?

    Like

      1. Y wandi says:

        Mksih mbak,semoga sukses selalu,doain jga saya bisa llos y mbak,saya ambil tek jlan dan jembatan mbak 😁

        Like

      2. Sinta Ria says:

        wah mantaplah, jabatan itu keinginan saya dulu sblom minder :’D

        Like

  15. Adi says:

    Pagi ka, Saya mau nanya untuk sertif TOEFL sendiri ditunjukan atau diberikan ya ka?
    Lalu apakah ada berkas lain yg di butuhkan seperti Surat lining /ak-1 dan lain2?
    Terima kasih

    Like

    1. Sinta Ria says:

      Waduh kayanya dikasi deh. Sorry ga tau apa itu surat lining

      Like

  16. oja says:

    Terimakasih banyak mba udah membagi pengalaman tes cpns di kemen pupr. Sangat sangat sangat memabntu untuk memberi gambaran bagaimana tesnya diselenggarakan. Saya mau nanya mba, untuk psikotes nilai maksimumnya berapa ya? Dan bagaimana penentuan siapa yg lolos dan siapa yg tidak? Apakah akan di rangking dari nilai 40% SKD + 42% SKB + 18% dan diambil sesuai kebutuhan jumlah formasi? Setau mba untuk penentuan kelulusan akhir, yang integerasi nilai skd dan skb, untuk skb nya sendiri apakah ada ketentuan ambang batas skb dan psikotesnya berapa (seperti passing grade) dan kalau tidak ada jika nilai psikotesnya 0 (tidak ikut psikotes) tetapi nilai akhirnya masuk ke dalam rangking jumlah formasi apakah akan tetap lulus?

    Terimakasih banyak mba sebelumnya. Maaf pertanyaannya banyak banget. Semoga mba ga discouraged utk jawab pas bacanya 😂 dijawab yg mba mau saja 😁 jawaban mba sangat berarti bagi saya.

    Have a great day!

    Like

    1. Sinta Ria says:

      makasi pertanyaannya :’D
      1. psikotes maksimum nilainya skor 100 tapi bobot 18%, kebetulan paling tinggi diantara teman2 yg saya tau sekitar 80 poinan ada ya
      2. penentuan lolos gabungan skd+skbcat+skbpsikotes dgn total paling tinggi. tahun ini ada pembeda cewe cowo
      3. skb ga ada ambang batas, tinggi2an aja kakak
      4. waduh kurang tahu kalo ga ikut psikotes bgmn. tapi kayanya bisa jadi kedeteksi ga hadir skb hehe, kan absen tow
      itu aja sih taunya, sorry info terbatas jg

      Like

  17. Albimo says:

    Ka tanya dong, kalo legalisirnya yg ttd wakil dekan 1 Trus ttd nya stempel juga. Apa perlu legalisir lg minta ttd asli?

    Like

    1. Sinta Ria says:

      sorry nih lupa. ga inget harus dekan apa wakil dekan boleh. waktu itu dikasi keterangan tabel sih tapi ga sempet screenshot

      Like

  18. Igoy says:

    Mba mau nanya dong, kalo jaman mba nilai rata2 psikotes nya ada di kisaran brpa ya mbak?

    Like

    1. Sinta Ria says:

      rata2 60an skor kementerian pupr

      Like

  19. putu says:

    pagi mbak, sory mau tanya saya dika, untuk pemberkasan toefl jga dikasih ke panitia? walau ga ada permintaan seperti yang di screenshot mbaknya itu.

    Like

    1. Sinta Ria says:

      emang ga ada, tp kalo saya uda jaga2 aja si mas hehe. taun lalu sih ga diminta

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s