Pengalaman Tes SKD CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR)

Wah.. tumben-tumbenan ini PU buka lowongan. 1000 formasi pula, berarti kata temen saya lagi banyak yang pensiun makanya butuh banyak orang. Banyak banget formasi yang buka buat S1/D4 Teknik Sipil jadi bikin bingung. Awalnya saya pilih formasi jalan dan jembatan setelah melupakan formasi sumber daya air. Maklum, jumlah formasi air lebih banyak daripada jalan jembatan. Tentunya kita harus memperhitungkan statistik peluang kita buat lolos ke tahap selanjutnya. Namun H-2 jam penutupan, ternyata ada kolom statistik di web cpns.pu.go.id dimana yang daftar jalan-jembatan ++3000an orang (1 kursi diperebutkan lebih dari 15 orang). Hahaha.. nyali saya sudah ciut duluan. Akhirnya saya loncat ke penyedia perumahan dibawah cipta karya dengan peluang 1:10 orang.

Mungkin teman-teman disini sudah tau bahwa tes cpns itu biasanya dibagi jadi SKD (seleksi kompetensi dasar) dan (seleksi kompetensi bidang). Bahkan ga dikit kementerian/bagian lain yang menambahkan psikotes, tes fisik, wawancara dan lain-lain. Kebetulan kalo PU diweb yang saya baca hanya sekedar tes SKD lalu tes SKB+psikotes, ga tau lagi kalo ada wawancaranya.

Hal-hal yang perlu dibawa sebelum tes hanyalah kartu pendaftaran dan ktp saja. jangan sampai barang ini tertinggal!!! Saya dapat jadwal tes SKD tanggal 18 oktober 2017 sesi ketiga (maks sesi lima). Tiap sesinya didurasikan sekitar 90 menit pengerjaan tes. Namun H-1 jam kami harus sudah ada dilokasi tes buat ngantri pin (kode tes). Dari awal saya tiba jujur saja saya sudah meleleh rasanya. Waktu itu Surabaya lagi mendung tapi entah mengapa menurut saya hawanya tidak, bahkan amat panas sehingga saat sedang ngantri dan nunggu masuk ke lokasi tes pun saya sudah basah kuyub. Gak nyaman lah. Saya dan teman-teman saya bahkan sedikit menyesal karna ngantri duluan dan duduk menunggu giliran tes dengan keadaan tas sudah dititipkan dan tidak boleh bawa tumblr kecuali botol minum (botol men! Secara konsep lingkungan aja uda aneh begini). Mungkin nanti kalo tes lagi jangan kesusu ngantri lah.. lumayan soalnya h-1 jam itu 30 menitnya buat belajar lagi lalu 30 menit sisanya dibuat ngantri. Toh bakal dapet laptop semua! Sesi ketiga di Surabaya itu juga cukup nanggung. Kenapa? Jam 11 kita uda ngantri.. adzan dhuhur jam 11.23 dan selesai tes 13.30. dan sedihnya waktu nanya ke bapak-bapak yang jaga kodam bilangnya ada musholla tapi didalam lokasi tes. Wkwkwk ya kali kita masuk lagi gitu,  😦 .. jadi setelah tes saya sholat di Sutos, kebetulan deket mall..

Semalamnya saya sudah persiapan walau kurang matang sedikit. Sering-sering baca forum dikaskus karena banyak orang berbaik hati bagi kisi-kisi soal SKD disana. Barakallah.. walau you know! Setiap orang itu dapat soal yang berbeda-beda jadi jangan harap bisa contekan! Tapi teman-teman yang sudah berbagi kisi-kisi setidaknya sudah membagi gambaran soal yang kita dapat mulai dari kebanyakan mengenai pengamalan UUD45 dan Pancasila hingga soal TIU yang panjang-panjang sepanjang berita dikoran. saran saya setelah tes jangan lupa dicatat hasil skor pakai pensil yang disediain panitia biar ga lupa. Karena pengumuman keseluruhan SKD terlampau lama.

Gambar berikut merupakan hasil yang sudah dishare diweb cpns pupr keseluruhan. Ini soal-soal TWK, TIU dan TKP yang saya dapatkan: pengamalan UUD45 dan Pancasila, Ormas-ormas sebelum dan sesudah kemerdekaan, siapa saja yang merumuskan Pancasila, kedudukan dan fungsi lembaga pemerintah, pokok bahasan berita, deret-aritmatika, yah TPA pada umumnya dan untuk TKP banyak jawaban yang hampir mirip-mirip sehingga kalau salah pilih bisa zonk Cuma dapet skor 1. Alhamdulillah saya dapat skor TWK 95 TIU 110 TKP 152 dengan total 357. Angka tersebut tidak mencapai target saya yang mencapai 370 sih namun tetap saya syukuri. Saya juga sedikit kecewa dengan diri saya karena terlalu fokus hafal sejarah perjuangan sebelum kemerdekaan, sejarah pancasila, UUD45, bahkan berusaha sedikit menghafalkan TAP MPR (karena kata teman-teman kaskus banyak yang dapat soal ini) ternyata tidak satupun soal itu saya dapatkan. Saya juga kecewa karna nilai kepribadian saya juga sedang-sedang saja. Huffttt.. tapi intinya saya sudah berjuang dan semoga bisa lolos ketahap selanjutnya.

Saya bukan bermaksud mengeluh tapi memang saya mendapat jadwal tes yang benar-benar membuat saya gerah bahkan saya sempat demam berkeringat saking panasnya otak berpikir. Hahaha.. tapi itu ga boleh dijadikan alasan utama ya.

Kesimpulan dari halaman khusus ini adalah harus tetap belajar dengan berusaha, diimbangi berdoa dan tawakal, semua Allah yang menentukan. Ini saya rincikan apa yang harus dipelajari dites SKD yang saya dapatkan:

  • Hafalkan UUD45! Wajib a’in! Pahami perbedaan pasal dan ayat yang diamademen, lalu tambah hafalan dan perbedaannya terhadap UUDS dan Konstituante.
  • Sejarah pancasila dan UUD45, lokasi, tanggal, siapa saja yang berkontribusi, rumusan, dll pokoknya detail!
  • Sejarah perang sebelum kemerdekaan, organisasi/pergerakan baik yang membela Indonesia maupun yang melakukan pemberontakan, ancaman-ancaman, kejadian-kejadian saat kemerdekaan dan setelah kemerdekaan.
  • Zaman kerajaan di Indonesia, lokasi, waktu, tokoh, mengapa terjadi dan penyelesaiannya.
  • Lalu tambahkan materi mengenai peran Indonesia di PBB/Asean, UU, KNIP, TAP MPR, daftar kabinet, presiden dan wapres, dll. Banyak? Hahaha.. jangan belajar h-1 minggu apalagi h-1 hari, Cuma mereka yang bejo bisa dapat skor bagus diwaktu yang mefet.
  • Latihan deret-aritmatika, biasakan hitung manual karena waktu tes ga boleh pake kalkulator hehe. Intinya latihan soal TIU yang punya cerita sepanjang kereta api, karena saya berasa baca artikel waktu tesnya.
  • Untuk TKP, pahami judul tiap soal lagi bahas apa dan pilih jawaban yang sesuai dengan judul. Karna apa yang menurut kita baik belum tentu sesuai dengan judul ya salah.
  • materi yang saya pelajari disini ya

Sejujurnya saya telah membeli soal cpns atau tryout online yang hitz diinternet dan menurut saya itu sedikit membantu untuk kita yang ingin berlatih soal. Hanya saja setelah merangkum materi dan menjalani tes nya sendiri saya sedikit menyesal menghabiskan uang yang lumayan itu buat beli pulsa. Sungguh! Karena soal diweb itu gak ada yang keluar jadi Cuma buat latihan saja. Kalau memang penasaran, mending ajak teman belinya biar hemat. Nanti kalau saya lolos SKB, saya lanjutin ceritanya.. Sukses slalu bagi para readers.. aammiinn ya robbal alamin.. next story klik disini

4 Comments Add yours

  1. Carissa Evan says:

    Sharingmu sangat membantu, trims yaa 🙂
    Mau tnya, untuk persyaratan berkas kan ada permintaan sertifikat TOEFL.. Sertifikat TOEFL yg km gunakan itu apa ya? Prediction atau ITP? dari kampus atau lembaga kursus? Thanks

    Like

    1. Sinta Ria says:

      toefl yg aku pake cuma toefl biasa yg tes dikampus buat kelulusan. makasih kembali

      Like

  2. mbak untuk kisi kisi soal SKB nya dapat darimana ya?

    Like

Leave a Reply to Carissa Evan Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s