Pengalaman Menjadi JobSeeker

Well, ketika saya sedang mengetik cerita ini, tepat sebulan lalu baru saja lepas wisuda kampus saya ke 116. Hal itu menandakan saya pengangguran sebagai alumnus selama sebulan juga (walau sebelum nunggu wisuda uda nganggur duluan sih). Bahkan saya sempat disindir oleh keluarga dekat, masa lulusan ITS susah nyari kerja. Mungkin sayanya yang terlalu picky.. hehe.. karna jujur saja saya masih berusaha mendaftar sebagai pegawai tetap baik lewat jalur cpns maupun program-program OJT/MT yang sedang dibuka. Hitung-hitung, coba-coba.. sapa tau rejeki..

Sebulan itu saya menyibukkan diri apply job kebanyak perusahaan dan belajar pengalaman dari para bloggers lain yang juga menceritakan pengalamannya sebagai jobseeker. Tanpa basa-basi ini list perusahaan yang sudah saya daftar dan ikuti tes-tesnya. (apply banyak namun hanya sedikit respon yang saya terima)

  1. Nindya Karya

Well ini tes perusahaan saya yang pertama. Berbekal dari pengalaman gagal inilah saya benar-benar belajar kedepannya. Awal mendaftar kita akan melalui tahap tes TPA dan kompetensi bidang diweb nindya karya. Kalau lolos bakal ikut psikotes. Alhamdulillah saya lolos tahap awal..

Jujur saja saat mengetahui saya akan ikut psikotes, saya benar-benar minim pengetahuan akan psikotes. Mana kena racun gametop dilaptop.. hahaha.. hilang sudah minat saya untuk belajar sehingga saya hadapi tes dengan ala kadarnya.

Psikotes yang saya terima ya ternyata seperti psikotes pada umumnya seperti CFIT, DISC, Pauli, dll. Saya sempat mencari info-info mengenai tes psikotes ternyata baru ini agak shock dengan alurnya. Berikut saya rincikan: tes TPA+kompetensi bidang online -> psikotes awal -> psikotes lanjutan+FGD+wawancara psikolog -> tes bahasa inggris -> wawancara manajemen -> sepertinya langsung MCU

Maklum baru ini ikut tes perusahaan jadi saya pikir saya dapat semua tes psikotes, ternyata tidak.. Di Surabaya sendiri yang lolos tahap online sekitar 200an orang.. lalu yang ikut psikotes lanjutan sepertinya tidak sampai 100 orang. Saya gagal lanjut dipsikotes lanjutan. Kecewa sih tapi sayanya juga ga ada usaha jadi lupakanlah. Kebetulan Nindya Karya sedang buka lowongan lagi (Oktober), saya tetap semangat daftar! Hehe..

  1. Adhimix Precast Indonesia

Saya daftar perusahaan ini berbekal ikut jobfair UNS di Solo. Kecewa banget kampus sendiri bidang perusahaan konstruksi yang diundang cumaaa.. dua dan pehape lagi.. hmm.. saya ke Solo tanggal 12 buat ikut jobfair tanggal 13 dengan rencana tanggal 14 pulang. Ternyata eh! Malamnya saya dan teman-teman lain diundang ikut psikotes pada hari jumat. Uda bingung dah! Mana bawa baju ngepas jadi terpaksa ada hari dimana saya Cuma sekali mandinya (hal yang lumrah bagi anak teknik sih).

Sama seperti Nindya Karya, ternyata psikotesnya juga ada 2 tahap. Psikotes tahap awal ada 3 sesi dan kebetulan saya dan teman-teman kebagian pagi. Lalu berselang 1-2 jam setelah sesi ketiga, saya dan teman saya diundang psikotes lanjutan pada hari itu juga. Bahkan FGDnya dilakukan keesokan harinya, yap Sabtu! Hal ini emang nambah pengalaman banget. Seperti kata teman saya, setidaknya kalo ikut jobfair itu stay semingguan disana biar ga ada apa-apa. Saat FGD pun ternyata masih ada soal psikotes lanjutan wkwkwk.. saya dan teman saya request sesi awal karna uda pesen tiket sorenya (setelah nanya kepanitia bahwa setelah FGD ga ada tes lanjutan). Katanya yang lolos tahap ini bakal wawancara user-hrd di Jakarta berselang seminggu kemudian. Tapi ini sudah seminggu lebih saya belum dapat pemberitahuan, hehe. dan.. ternyata saya ga dapat email undangan untuk ketahap interview seperti teman-teman lain. semoga sukses yang sudah ditahap itu!

  1. CPNS Kementerian Pekerjaan Umum (PU)

Wah.. tumben-tumbenan ini PU buka lowongan. 1000 formasi pula, berarti kata temen saya lagi banyak yang pensiun makanya butuh banyak orang. Banyak banget formasi yang buka buat S1/D4 Teknik Sipil jadi bikin bingung. Awalnya saya pilih formasi jalan dan jembatan setelah melupakan formasi sumber daya air. Maklum, jumlah formasi air lebih banyak daripada jalan jembatan. Tentunya kita harus memperhitungkan statistik peluang kita buat lolos. Namun H-2 jam penutupan, ternyata ada kolom statistik di web cpns.pu.go.id dimana yang daftar jalan-jembatan ++3000an orang (1 kursi diperebutkan lebih dari 15 orang). Hahaha.. nyali saya sudah ciut duluan. Akhirnya saya loncat ke penyedia perumahan dibawah cipta karya dengan peluang 1:10 orang. Untuk cerita selanjutnya nanti bisa klik disini!

 

  1. Pertamina ASI-Rekrutmen

soon..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s